Sabtu, 03 Mei 2014

PEMAHAMAN KOMUNIKASI SECARA UMUM

PEMAHAMAN KOMUNIKASI SECARA UMUM 

Komunikasi, pada sebagian orang diartikan sebagai proses penyampaian pesan (massage transmission process) atau oleh James Lull (1997) diartikan sebagai proses pertukaran makna atas simbol-simbol bermakna. Dapat diketahui dari perkembangan ilmu komunikasi interaksi yang terjadi antar manusia tidak hanya sekedar menyampaikan sesuatu agar lawan bicaranya menjadi tahu tetapi jauh lebih luas dari itu yaitu mampu mempengaruhi agar lawan bicaranya melakukan sesuatu sebagaimana yang kita harapkan. Pikiran seseorang yang dipengaruhi oleh perasaan biasanya berwujud: ide gagasan, informasi, keterangan, himbauan, permohonan, saran, usul bahkan perintah.

FUNGSI KOMUNIKASI 

Fungsi komunikasi banyak dibahas oleh para ahli komunikasi, salah satunya dikemukakan oleh William I. Gorden yang mengemukakan komunikasi memiliki empat fungsi yaitu :
Fungsi komunikasi sosial 
Komunikasi sosial mengisyaratkan kepada kita bahwa komunikasi itu penting untuk membangun konsep diri, aktualisasi diri, untuk kelangsungan hidup, untuk mempertahankan kebahagiaan, terhindar dari tekanan dan ketegangan, serta menumupuk hubungan dengan orang lain. 
Fungsi komunikasi ekspresiif 
Komunikasi ekspresif memiliki kaitan yang erat dengan komunikasi sosial. Fungsi komunikasi ini dapat dilakukan baik sendirian maupun kelompok, 
Fungsi komunikasi ritual
Fungsi komunikasi ini biasanya dilakukan secara kolektif, setiap masyarakat biasanya memiliki acara-acara ritual yang biasa mereka lakukan setiap tahun dengan gaya dan tradisi yang sama ada pula masyarakat yang melakukan upacara-upacara berlainan sepanjang tahun seperti : menyambut kelahiran, upacara pernikahan, pesta ulang tahun, sunatan dan lain-lain. Oleh para antropolog acara-acara itu disebut “rites of passage”
Fungsi komunikasi instrumental
Komunikasi instrumental memiliki beberapa tujuan umum, sebagaimana yang kita kenal meliputi :
Komunikasi yang berfungsi untuk memberitahukan atau menerangkan
Komunikasi untuk menghibur
Untuk menambah pengetahuan dengan tujuan member wawasan-wawasan baru/inovasi-inovasi baru

BENTUK BENTUK KOMUNIKASI

Komunikasi personal 
Komunikasi pribadi atau personal communication adalah komunikasi yang terjadi disekitar diri seseorang baik dia berperan sebagai komunikator maupun komunikan komunikasi bentuk ini memiliki dua jenis komunikasi yaitu intara pribadi atau antar pribadi 
Komunikasi intrapribadi (intarapersonal communication)
Komunikasi ini terjadi dalam diri sendiri, dalam prosesnya komunikasi ini berlangsung seseorang berperan sebagai komunikator dan komunikan, setiap manusia akan berbicara pda dirinya sendiri, ataupun bertanya pada dirnya sendiri dan dijawab olh dirinya sendiri
Komunikasi antar pribadi (interpersonal communication)
Joseph A. Devito mengemukakan komunikasi antar pribadi merupakan proses pengiriman dan penerimaan pesan-pesan antara dua orang atau diantara sekelompok kecil orang-orang dengan beberapa efek atau beberapa umpan balik yang terjadi seketika.
Komunikasi kelompok
Komunikasi kelompok (Grup Communication) dapat diartikan sebagai suatu proses komunikasi yang berlangsung antar seorang komunikator dengan sekelompok orang yang jumlahnya lebih dari dua orang, komunikasi kelompok terdiri dari komunikasi kelompok kecil (small grup communication) dan komunikasi kelompok besar (large grup communication).
Yang perlu dicatat disini bahwa pegertian kelompok kecil dan kelompok besar bukan saja menunjukan besar kecilnya orang yang berkumpul bersama-sama disuatu tempat tetapi ditentukan pula pleh factor psikolgis yang mengikat mereka untuk melakukan pendekatan kepada masalah interaksi kelompok kita perlu membagi perhatian kepada dua tahap aktivitas yaitu : 
Tahap gagasan 
Tahap emosional 
Factor-faktor yang harus diperhatikan oleh seorang komunikator didalam menghhadapi kelompok antaralain sebagai berikut :
Norma-norma dan nilai-nilai
Pengalaman hidup seseorang dalam ikatan kelompok
Lingkungan sosial
Komunikasi massa
Hafied Cangara mengemukakan bahwa komunikasi massa adalah proses Komunikasi yang berlangsung dimana pesannya dikirim dari sumber yang melembaga kepda khalayak yang sifatnya masal melalu alat alat yang sifatnya mekanis seperti radio, televise, surat kabar dan film, komunikasi massa menyiarkan informasi, gagasan, dan sikap kepada komunikan yang beragam dalam jumlah yang banyak dan menggunakan media.
Karakteristik komunikasi massa
Komunikasi massa bersifat umum
Komunikasi bersifat heterogen
Media massa menimbulkan keserempakan
Hubungan komunikator-komunikator bersifatt non pribadi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahka masukan komentar anda!